ANALISIS FAKTOR PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DENGAN KATEGORI DISKON DI RAMAYANA BUKITTINGGI

By. Dessi Mufti, Noviyarsi dan Afliza Maryenti

Kota Bukittinggi terkenal sebagai pusat grosir, produk bagus dan harga miring. Ini mengakibatkan tingginya tingkat persaingan dalam bisnis ritel. Manajemen Ramayana Departement Store Plaza Bukittinggi melakukan strategi promosi dengan memberikan diskon besar-besaran plus cuci gudang pada produk fashion tiap akhir minggu, akhir bulan dan pada momen-momen tertentu untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel dominan yang mempengaruhi faktor perilaku konsumen dan keputusan pembelian produk fashion dengan kategori diskon serta untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk fashion dengan kategori diskon. Hasil identifikasi variabel penelitian didapat 17 variabel yang mempengaruhi faktor perilaku dan keputusan pembelian. Variabel manifes (independent) yang mempengaruhi perilaku konsumen sebagai  variabel laten exogen (dependent) dan keputusan pembelian sebagai variabel laten endogen (dependent). Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 100 responden yaitu konsumen Ramayana yang membeli produk diskon. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial paling dipengaruhi oleh variabel diajak dan dipengaruhi teman (61,2%), faktor pribadi paling dipengaruhi oleh variabel gaya hidup (44,8%), faktor psikologis paling dipengaruhi oleh variabel mendapatkan jumlah item yang lebih banyak (20,5%) dan faktor kultur paling dipengaruhi oleh variabel budaya hemat (65%). Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk fashion dengan kategori diskon adalah faktor kultur (65%) dengan variabel keputusan pembelian yaitu memutuskan membeli produk fashion dengan kategori diskon setelah melihat spanduk di luar pusat perbelanjaan (45,5%).

Untuk lebih detailnya dapat di download di: http://www.scribd.com/doc/81154665

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s